Menyaksikan Matahari Terbit dan Tenggelam di Takabonerate

Berada di Takaonerate Membuat Anda Merasa di Sebuah Pulau Pribadi
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepulauan Selayar, tahun ini kembali menggelar event tahunan bertajuk “Takabonerate Islands Expedition VI 2014” di Kepulauan Selayar. Ivent tahunan ini juga melibatkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan sebagai penyelenggara.

Selama festival cukup banyak kegiatan yang diselenggarakan di salah satu pulau tercantik yang dimiliki Sulsel ini. Seperti pertunjukan-pertunjukan budaya, turnamen dan tentu ciri khas unggulan bahari menganggumkan yang dimiliki Takabonerate.

Seperti tahun-tahun sebelumnya selalu ada acara penyambutan peserta Takabonerate Island Expedition yang dilakukan di Pulau Tinabo yang merupakan jantung Taman Nasional Takabonerate. Lalu dilanjutkan penyuguhan berbagai atraksi yang menawan diantaranya, memberi makan anak hiu, pelepasan tukik dan  transplatasi karang. Bukan hanya itu selama berlangsungnya festival pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai hiburan seperti wisata kuliner setempat dan lomba layang-layang hasil kresasi masyarakat setempat, pengunjung juga bisa menyaksikan potensi bahari Kepulauan Selayar yang dipamerkan.

Bagi Anda yang hobi memancing, tentu mengunjungi Takabonerate menjadi pilihan yang tepat disini Anda bisa dengan leluasa memilih lokasi memancing, seandainya tahun berikutnya Anda sempat mengunjungi Takabonerate pada kegiatan yang sama Anda bisa bergabung dan mengikuti International Fishing Tournament.

Karena tulisan ini, kami ikutkan pada lomba menulis yang diselenggarakan www.travelingcelebes.com. Maka kami hanya bisa menulis apa-apa saja potensi dan kegiatan apa saja yang dilaksanakan selama pelaksanaan event “Takabonerate Islands Expedition VI 2014” sebagai rujukan bagi pembaca untuk mengunjugi Takonerate khususnya pada event tahun-tahun berikutnya. Dan kami yakin kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama “Takabonerate Islands Expedition VI 2014” tahun ini tidak jauh berbedah dengan tahun-tahun yang akan datang bahkan kemungkinan besar akan lebih meriah.

Tulisan ini, kami mulai eksekusi pada tanggal 11 September 2014, bertepatan hari terakhir “Takabonerate Islands Expedition VI 2014”.  Kegiatan apa saja yang diselenggarakan selama festival Takabonerate. Seperti apa yang kami katakana tulisan ini kami buat pada saat hari terakhir, pada hari terakhir kegiatan di destinasi wisata Taman Nasional Takabonerate adalah tari tradisional bertajuk "Tari Massal To Bajoe, Lautku Hidupku".

Bukan hanya itu, ada juga atraksi lainnya seperti, ski air, selancar angin, wakeboard, jetski dan lomba kuliner. Setidaknya tulisan singkat ini dapat menjadi rujukan bagi Anda untuk berkunjung dan menikmati keindahan Taman Nasional Takabonerate.

Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Takabonerate, penulis akan menjelaskan sedikit lokasi pulau yang satu-satunya terpisah dari daratan Provinsi Sulawesi Selatan ini. Takabonerate merupakan wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar. Keindahan alam dan ratusan gugusan pulau yang dimiliki dan daya tariknya membuat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menjadikan Takabonerate salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Sulawesi Selatan.

Takabonerate merupakan kawasan terumbu karang (atol) terluas di Indonesia bahkan se-Asia Tenggara. Bukan hanya itu Takabonerate juga termasuk bagian dari Segitiga Terumbu Karang Dunia yang menarik perhatian dunia internasional.

Disini Anda bisa menyaksikan Matahari terbit dan tenggelam di sepanjang pantainya. Tapi kegiatan selama berada di Takabonerate yang paling menarik adalah menelusuri keindahan bawah lautnya. Selama berada di Takabonerate Anda bisa berenang, snorkeling, menyelam, berperahu dan bahkan memancing.
Sebagai catatan jika Anda berniat berkunjung ke Takabonerate sebaiknya memilih waktu yang tepat seperti bulan April, Juni, Oktober dan bulan Desember, atas pertimbangan cuaca.

Selama di Kepulauan Selayar khususnya di Takabonerate Anda juga dapat melihat lebih dekat keseharian Suku Bugis dan Suku Bajau. Anda bisa menemukan budaya menarik mereka di Pulau Tarupa, Pulau Rajuni, dan Pulau Latondu. Sementara itu, Pulau Tinabo sendiri merupakan jantung Taman Nasional Takabonerate. Pulau Tinabo jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kehidupan kota dan berada di sana akan membuat Anda merasa di sebuah pulau pribadi yang cantik.

Karena penulis akan mengakhiri tulisan “Takabonerate Islands Expedition VI 2014” ini, maka penulis informasikan bagi Anda yang berada di luar Sulawesi Selatan untuk mengunjungi Kepulauan Selayar khususnya Takabonerate, terlebih dahulu Anda harus mengunjungi Kota Makassar yang merupakan Ibu Kota Sulawesi Selatan. Dari Kota Makassar barulah Anda melanjutkan perjalanan ke Benteng Ibu kota Kepulauan Selayar dengan menggunakan transportasi darat dan udara. Jika menggunakan transportasi darat maka Anda masih harus menggunakan perahu penyeberangan hingga mencapai Kota Benteng.