CARA MEMBUAT JUDUL BERITA

Kali ini saya akan sedikit berbicara tentang judul berita. Seorang pembaca akan tertarik membaca berita jika judul pada berita tersebut menarik penyajiannya, saya bisa membahasakan judul sama saja dengan iklan yang akan menarik minat pembaca untuk mengetahui semua isi dari berita yang disuguhkan.Cermin dari sebuah berita terletak pada judulnya.

Judul yang menarik bagi pembaca akan menimbulkan rasa ingin tahu, apa gerangan yang akan disajikan dalam tulisan itu. Bagi pembaca setelah melihat judul, namun ternyata judul berita biasa-biasa saja sudah dipatikan pembaca akan meninggalkan berita tersebut walaupun isi yang disajikan sangat menarik. Intinya adalah kita harus mampu mempromosikan naskah lewat judul yang menarik.

Saran dari saya berpikirlah berulang-ulang sebelum membuat judul karena nasib naskah berita anda terletak pada judul yang disajikan. Kebanyakan teman-teman sebelum menulis naskah terlebih dahulu menulis judul itu tidak salah, tapi ada baiknya setelah naskah selesai baca ulang lalu pertimbangkan kembali judul apa yang cocok untuk naskah Anda.

Bagaimana membuat judul yang baik? pertama yang harus dilakukan saat naskah telah dinyatakan selesai carilah dari seluruh isi naskah beberapa kata kunci lalu rancanglah beberapa ide judul untuk dipilih salah satunya yang paling mencerminkan berita, setelah itu tulis ulang lagi judul yang
satu ini agar memenuhi tema. Tapi ingat julul jangan terlalu panjang maksimal lima kata saja usahakan ringkas sependek mungkin judul tersebut sehingga lebih mengena dari berita yang disajikan.

Yang perlu juga diperhatikan Anda juga tidak boleh terlalu ekstrem menciptakan judul yang bersifat semu, atau yang kebangetan menipu pembaca, karena ingin sekali mengejutkan dan menarik perhatian, lalu tidak lagi mencerminkan isi sebenarnya.

Pada dasarnya, judul memang harus dibuat sependek-pendeknya, namun tetap harus jelas maknanya. Tetapi sebaliknya, judul yang terlalu pendek juga tidak akan mampu mencerminkan tema atau sinopsis isinya.