Teknik Mengumpulkan Data Liputan

Setiap pagi setelah bangung tidur bahkan dalam mimpin pun seorang wartwan selalu memikirkan apa bahan atau objek yang akan dijadikan materi dalam penulisan berita? tidak sedikit wartawan pada pagi hari setelah ngopi di rumah langsung menuju lokasi peliputan tampa membekali terlebih dahulu otaknya dengan isu-isu yang berkembang, setelah tiba di lokasi liputan seperti hari-hari sebelumnya yakni menemui sumber meminta keterangan atau wawancara setelah itu menulis apa hasil wawancaranya.

Tentunya jika hal seperti ini dilakukan secara terus-menerus sudah pasti berita yang Anda buat akan membosankan karena yang itu-itu saya. Jika Anda salah satu wartwan seperti ini tidak ada salahnya. Tapi ada baiknya Anda menyempatkan diri bergabung atau gunpul terlebih dahulu dengan wartawan-wartawan lainnya yang berasal dari beberapa media dan wilayah liputan.

Biasanya wartawan yang memiliki komunitas "Warung Kopi" akan berkumpul dan saling bertukan informasi, hal tersebut dilakukan dengan beberapa alasan, misalnya wartawan A wilayah liputannya bidang ekonomi tetapi dia memiliki informasi hukum yang didapatkan dari sumbernya. Tentunya wartawan A akan memberikan informasi tersebut ke Anda jika Anda adalah wartawan hukum.

Bukan hanya itu, agar berita yang Anda turunkan berbobot lagi maka ini menjadi kewajiban. Setiap pagi Anda harus membaca beberapa koran atau menyaksikan berita di televisi, tentunya dari informasi yang Anda baca akan muncul ide-ide baru yang akan menjadi bahan berita.

Selanjutnya biasakan membuka situs berita, berita-berita online selalu menurunkan berita tercepat dan ini menjadi keharusan bagi media online. Mengingat informasi yang disampaikan media online hanya sekedar pemberitahuan. Maka disini kewajiban anda mengembangkannya agar menjadi lebih menarik.

Jika ada ide-ide yang Anda anggap bagus maka koordinasikan dengan Koordinator liputan, redaktur atau pimpinan Redaksi Anda. Tujuannya agar mereka memberikan masukan sudut yang mana bagus Anda angkat sebagai bahan berita.